Langsung ke konten utama

5 Trik Ampuh Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Bisnis Sampingan


Dengan maraknya motivasi publik sebagai enterpreneur, kini banyak orang yang termotivasi untuk memiliki usahanya sendiri. Bahkan banyak pegawai kantoran dan artis terkaya di Indonesia yang juga ikutan terjun menggeluti berbagai usaha sampingan.

Tujuan utama yang ingin diraih oleh mereka yang menggeluti bisnis sampingan tak lain yaitu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, menjalani dua aktivitas dalam satu waktu tak selalu mudah. Tak banyak orang yang memiliki kemampuan multi-tasking dalam menjalankan beberapa hal bersamaan. Maka itu, pengelolaan waktu amatlah diperlukan bagi kamu yang menjalankan bisnis sampingan sembari bekerja. Jangan sampai salah satunya terabaikan lantaran pengelolaan waktu yang kurang cakap.

Agar tetap lancar dalam menjalankan usaha sampingan, ikutilah beberapa trik di bawah ini.

Disiplin dan  ProfesionalKalian harus menerapkan disipllin dalam segala hal termasuk dalam pekerjaan utama yang selama ini dilakukan begitupula dengan bisnis sampingan yang baru kalian jalankan. Dengan menerapkan kedisipllinan dalam kedua hal tersebut, kalian akan mudah untuk menjadi profesional dalam kedua bidang hal yang berbeda. Menjadi profesional artinya tau kapan harus mengerjakan pekerjaan utama dan kapan harus mengurusi usaha sampingan agar dapat sukses dalam kedua bidang.

Jangan memaksakan Diri untuk Bisa Multi-TaskingDaripada memaksakan diri untuk menjadi multi-tasking dan menyelesaikan semuanya dalam waktu bersamaan, lebih baik kamu mengelompokkan beberapa pekerjaan sejenis yang dapat diseleseaikan dalam rentang waktu yang tak terlalu jauh. Hal ini akan lebih efektif untuk dilakukan khususnya untuk kalian yang memiliki segudang aktivitas pekerjaan dan usaha sampingan.

Buat Pembagian Jadwal
Setelah membuat pengelompokkan pekerjaan, kini kamu dapat membuat jadwal yang akan kamu lakukan setiap harinya. Mulai dari bangun tidur kamu bisa bersiap-siap sambil membuka e-mail terkait bisnis sampingan, lalu sampai kantor jam 8.30 hingga 11.30 bisa kamu gunakan untuk fokus pada pekerjaan kantor. Berilah jeda agar kamu dapat beristirahat sehingga tak terlalu stress dengan pekerjaan kantor. Sebelum makan siang sempatkanlah untuk melihat e-mail terkait bisnismu, lalu setelah makan siang kamu bisa fokus lagi terhadap pekerjaan kantor. Jika kamu sudah terbiasa membuat jadwal harianmu, maka kamu akan merasakan manfaatnya pada pekerjaan kantor dan bisnis sampinganmu. Keduanya akan terhandle dengan baik.

Pisahkan Antara Penghasilan Utama & Bisnis
Jangan pernah menggabungkan keuangan utama yang kamu dapatkan dari pekerjaan utama dan penghasilan yang kamu dapatkan dari bisnis yang kamu jalankan. Sebab kamu tak akan mengetahui seberapa besar keuntungan yang kamu dapatkan dari bisnis sampingan yang kamu jalankan jika menggabungkan keduanya. Hanya dengan memisahkannya kamu akan mengetahui alur keuanganmu dan dapat menghitungnya untuk masa depan yang lebih baik.

Buat Skala Prioritas AndaMeski keduanya penting bagi dirimu, baik pekerjaan dan bisnis sampingan, kamu tetap harus memiliki skala prioritas. Manakah di antara kedua hal tersebut yang ingin kamu prioritaskan. Apakah pekerjaan utama? Atau bisnis sampingan? Jika kamu masih belum mengetahui manakah yang harus kamu prioritaskan, tentu kamu bisa membuat prioritas pekerjaan utama dengan skala yang lebih besar dari bisnis sampingan. Kamu dapat membaginya, semisal pekerjaan kantor harus menyita waktu dan perhatianmu sebesar 75% maka bisnis sampingan hanyalah mendapat skala sebesar 25%. Begitu pula sebaliknya. Hanya kamu yang mengetahui manakah yang paling tepat untuk dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Kamera ke PC Komputer

Menghubungkan kamera ke PC adalah cara terbaik untuk memindahkan foto ke komputer yang sangat mudah dilakukan. Menghubungkan kamera ke PC juga merupakan cara yang baik untuk membersihkan memori kamera Anda dan menyimpan foto di perangkat yang aman dan dapat diandalkan. Kamera yang dapat dihubungkan ke PC memudahkan Anda mengambil gambar dan mengaksesnya di komputer untuk disunting, dibagikan, atau sekedar dinikmati. Umumnya, Anda hanya memerlukan kabel USB kamera yang biasanya sudah ada pada paket penjualan.

Metode1 Menghubungkan Kamera 1 Nyalakan komputer dengan menekan tombol "Power". 2 Nyalakan kamera agar koneksi berhasil. Anda bisa menyalakan kamera dengan menekan tombol Power hingga layarnya menyala. 3 Hubungkan kamera ke PC. Ambillah kabel USB kamera. Kabel ini seharusnya termasuk bagian paket pembelian kamera. Hubungkan ujung kabel yang kecil ke port di kamera. Ambil ujung kabel lain dan hubungkan ke port USB kosong di komputer. Jika menggunakan komputer deskt…

Sentuhan Unik Furniture Berukuran Kecil Pada Apartemen

Saat sewa apartemen mungil tapi bingung bagaimana menata desain interiornya ?. Jangan khawatir kali ini kami akan membahas bagaimana cara menata bagian interior sebuah apartemen mungil yang terinspirasi dari desain interior sebuah rumah minimalis dan mungkin bisa langsung Anda coba menatanya sesuai panduan dari ulasan dibawah ini.

Model yang akan kita gunakan yaitu sebuah apartemen dengan luas 48 meter persegi, resep utama yang harus Anda ingat ketika akan menata desain interior sebuah apartemen yang relative mungil yaitu terletak dalam pemilihan furniturenya. Pilihlah furniture sesuai kebutuhan Anda dengan ukuran rendah, mdengan pengaplikasian model furniture seperti itu, rumah yang berukuran mungil bakal memberikan kesan lebih lega dari pada sebelumnya, jika dalam pemilihan furniture tersebut sesuai dengan elemen ruang apartemen Anda, tampilan mewah dari sebuah kamar dan ruang hotel berbintang bisa Anda miliki setiap hari. Ada beberapa furniture yang mungkin bisa menjadi referensi A…

mari Intip Modifikasi Mobil yang Unik dan Cocok untuk anda tiru

Untuk pecinta otomotif, tidak komplit rasanya jika tidak berbicara tentang modifikasi. Tentu modifikasi mobil bukanlah hal yang membutuhkan biaya sedikit karena detil demi detil harus diamati satu persatu. Bagi orang yang paham dengan otomotif, tentu tahu bahwa modifikasi tidak bisa sembarangan dilakukan harus dilakukan oleh para ahli di bengkel tersebut.

Karena banyaknya pertimbangan yang harus diperhatikan, maka bisa saja modifikasi dilakukan secara bertahap atau pelan pelan. Bahkan jika ingin yang lebih sederhana, bisa menambah aksesoris mobil yang dijual di bengkel atau mungkin mencarinya di toko online aksesoris mobil khusus.

Jadi bagian eksterior mobil mana saja yang dapat dimodifikasi dan bagaimana siasatnya? Ini caranya!

Modifikasi Bagian Kaca Mobil
Tentunya menggunakan kualitas premium sangat baik digunakan untuk kaca film mobil. Ada baiknya untuk kaca film mobil bagian samping, gunakan dengan tingkat kegelapan tidak lebih dari 60% karena terlalu gelap juga tidak baik untuk peng…